Trip ke Belitung 3D2N - #part1

Rabu, 12 Juli 2017 - Diposting oleh Unknown di 19.09

Kembali ke 5-7th May 2017.

Sudah direncanakan bulan-bulan sebelumnya, aku pengen ngetrip ke Belitung. Aku ajak temen kantor yg beda Area, dan di mau. Yiha, Bulan Maret tanpa babibu langsung pesen tiket pesawat (sempet ada drama karna tiket yg temenku beli lebih murah drpd harga tiketku huhuhuhu) dan ga lupa pesen open trip nya. Kita disarankan untuk datang sebelum jam 9 pagi. Jadi deh aku dari Bogor berangkat sebelum subuh, dan jam 7 sudah sampe Bandara Hassanudin (bandara di Belitung). Setelah berkumpul dengan rombongan open trip lainnya, kita menuju mobil dan ke penginapan untuk menaruh barang. Setelah rapi-rapi habis tidur di pesawat, kita di ajak makan ke Mie Belitung. Jadi mie nya itu terdiri dari mie, potongan timun, sedikit udang, emping dan kuah yg kental.

Mie Atep Belitung

Mie Belitung
Mie Atep ini terkenal banget loh di Belitung, pokoknya kamu belum ke Belitung kalo belom pernah kesini. Sebenernya tempat makannya sederhana (tampak di foto), tapi memang terkenal banget. Terbukti di didinding tertempel banyak foto-foto pemilik Mie Atep dengan orang-orang terkenali, seperti Megawati, Andrea Hirata dan banyak artis lainnya (saya lupa hehehe).

Setelah kenyang, mulailah perjalanan darat (lumayan) panjang yang ditempuh dengan waktu 2 jam. Kita mulai menjelajah Belitung Timur dulu. Destination pertama kita adalah Pantai Burung Mandi. Pantai Burung Mandi ini kalo aku bilang ga terlalu special lah, belum terlihat ciri khas pantai di Belitung yaitu batu yang besar-besar. Disini kita bisa menyusuri bibir pantai dengan hamparan pasir putih dan kalo haus tinggal jajan di warung yang ada di depannya. Sementara kita tim cewek berfoto cantik, tim cowok melaksanakan ibadah sholat Jumat di masjid dekat sini. Untuk makan sianf sudah include dengan Paket tournya, jadi bawa nasi box gitu deh. Oiya, di pantai ini banyak banget anjingnya. Tapi so far, ga gangguin apalagi gigit sih. Santai aja. Sepertinya Pantai ini juga tempat para Nelayan Belitung berlayar, karena banyak perahu-perahu yang digunakan untuk menangkap ikan bersandar disini. Tapi sayang banget waktu kesini, cuacanya mendung dan bahkan sempet gerimis mengundang rindu. Huhuhu, tapi jepret foto maksimal harus dong!

Pantai Burung Mandi
Wihara Tertua di Belitung

Kemudian ga nyampe jarak 5km, kita menuju Patung Dewi Quan Imm. Waktu kita kesana lagi tahap renovasi. Isinya wihara, atau lebih dikenal dengan sebutan klenteng tempat ibadah gitu deh, ada juga tempat  ramalan gratis loh, ga usa dipercaya tapi buat iseng-iseng lucu juga kok. Jalan ke patung nya harus ngelewatin beberapa anak tangga, cukup ngos-ngosan buat yang jarang olahraga (seperti saya) hehe.
Dewi Quan Imm di Kera Sakti

Berangkat lagi kita menuju lokasi yang ke 3, ini jaraknya bisa 1 jam lah. Melewati Kota 1000 Warung Kopi, katanya sekarang sih uda berkurang, tapi kalo jaman dulu warung kopi nya bener-bener mencapai 1000 dan itu lokasinya deket-deket banget. Mungkin sekarang mah uda ga terlalu laku yah, apalagi semua tetangga jualan hal yang sama hahaha. Dan ini pernah tercatat di rekor MURI, wih keren juga. Maaf ga ada fotonya, karena waktu lewat hujan dereeeeees banget. Pantai tujuan kita terakhir di hari ini ini adalah Pantai Serdang, ga jauh beda sama Pantai Burung Mandi tadi, tapi kerennya ini juga pasir putih padahal letaknya di deket-deket pemukiman. Apa semua pantai di Belitung ini pasirnya putih?

Pantai Serdang

Ada tribun di Pantai Serdang, dibuat foto ala-ala
Untung di Pantai Serdang ini yang tadinya hujan deres banget berubah jadi gerimis kecil, tau kalo aku lagi berlibur kayanya, eh pas masuk mobil hujannya balik lagi deres banget. Sampe di Kampoeng Ahok balik gerimis lagi, hihihi Alhamdulillah mestakung (semesta mendukung) banget nih. Dan disitu aku baru tau kalo Ahok aka Gubernur Jakarta (ssat itu) adalah warga asal Belitung, hahhaa kudet banget ya, maklum tontonannya sinetron jarang liat berita :p Disitu kita mampir ke rumah Ibu nya Ahok, berlantai 2 didominasi warna pink putih, dan ternyata di sebelahnya juga dibuka kawasan untuk beli oleh-oleh.
Kampoeng Ahok
Museum Kata Andrea Hirata
Ga mau berlama-lama di kampoeng Ahok, karna jam uda jam 16.00 dan kita belum sholat Ashar, jalan lurus ga terlalu jauh sampe lah kita di Museum Kata Andrea Hirata, nah di sebrang Museum ini terdapat Masjid Besar, sholatlah kita disitu. Untuk masuk ke Museum, kita harus membyara IDR 50k dan mendapat buku cerita laskar pelangi (duh jadi inget, sampe sekarang bukunya belum dibaca, bahkan segel plastiknya aja belum dibuka, hahahha). Di dalemnya full colour banget, cocok yang diyan cari spot buat snap-snap cantik. Banyak juga kata-kata motivasi dan inspiratif, serta foto-foto pemain Laskar Pelangi.

Full Colour
Belitung terkenal karna Film Laskar Pelangi nya, begitu juga dengan Sekolah SD Muhammadiyah Gentong yang menjadi latar film tersebut.

SD Muhammadiyah Gantong

Ternyata Begini Lokasi Replika SD Laskar Pelangi
Uda sampe ke penghujung jalan-jalan di Belitung part1, lokasi terakhir yang kita kunjungi adalah dermaga Kirana, disini ada rumah keong, tapi saya tidak terlalu tertarik mengabadikannya dan malah ambil foto pas lagi Sunset di Dermaga Kirana.

Sunset di Dermaga Kirana
Perjalanan ke penginapan memakan waktu 2 jam sama seperti ketika bernagkat tadi, jam sudah menunjukkan pukul 19.00 dan tour guide sudah menyiapkan tempat makanan terkenal di Belitung. Kalo ga salah namanya Dulang. Jadi tampan ini berisi lauk dan sayur yang cukup dimakan untuk 4 porsi, orang jawa si bilangnya Tembor ya. Ada sayur ikan kuning, ini paling enak menurutku. Ada lagi daging yang bentuknya seperti tahu, kemudian ada ayam, dan sayaur (seperti terancam). Ternyata tempat makan ini juga paling terkenal di belitung, terbukti kita ketemu Artis yang namanya Pampam, siapa dia? itu yang gendut, gogling aja sendiri deh!