Lava Tour Merapi 🌋

Senin, 27 Februari 2017 - Diposting oleh Annisaa Putri Citrawati di 23.48



Libur natal di Bulan Desember hanya tanggal 25-26 aja, karena ga mau rugi biaya tiket pesawat mahal, aku ambil cuti 3 hari di tanggal 23 dan 27-28. Beli tiket 1,5 bulan sebelumnya karena Jogja pasti jadi tujuan tempat wisata, aku kan niatnya pulang kampung, bukan jalan-jalan, tapi tetep aja kena getahnya hhuuhu. Harga tiket 1,7juta PP, pulang Jogja naek Citylink di Halim Perdana Kusuma, balik Jakarta naek Garuda di Soekarno Hatta. Jangan berdecak kagum dulu karena naek Garuda, aku menerapkan prinsip ga mau rugi, jadi cuma selisih 100ribu dengan kalo pake Lion. Tau sendiri tuh maskapai delay nya suka kebangetan :D

Hari Kamis pukul 22.00 aku uda tiba di bandara Adi Sucipto (JOG), kebetulan rumah nenek ku dua2nya deket Bandara, cuma membutuhkan waktu 10 menit aja. Ternyata hari Sabtu nya ada acara 1000 harian Om ku yang meninggal, akhirnya aku ga langsung pulang ke Magelang, tapi bermalam dulu di Jogja untuk mempersiapkan tahlilan. Barulah di hari Minggu tanggal 25 kita ke Magelang. Ada yang uda pernah ke Magelang? Ya kota kecil di Jawa Tengah dengan julukan Kota Sejuta Bunga ini terletak di daerah pegunungan, di lereng Gunung Tidar, adem banget disini.

Biasanya, liburan natal itu selalu kumpul dengan keluarga, tapi engga di Rumah. Nah karena kondisi ekonomis di tahun ini harus lebih berhemat hahahha, jadi ga ada acara kemana-mana. Tapi kemudian Adekku yg Cowok berinisiatif untuk pergi Wisata Lava Tour Merapi, yakali kita orang Magelang - Jogja tapi ga pernah ke wisata yang cuma deket banget itu. Sip, akhirnya hari Selasa tanggal 27 jam 07.00 kita berangkat dari Magelang ke daerah Kaliurang (tempat star jeep yang pada mau lava tour).

Yang nganter rombongan, yang pergi mah cuma ber5 hihiih :D

Emang dasarnya lagi liburan sekolah dan tanggal merah, dimana-mana tour nya penuh jadi kita sempat kebingungan, PD aja kita jalan terus pasti dapet, eh beneran kita dapet jeep yang lagi nangkring parkir di pinggir jalan. Jeepnya jeep jadul dengan warna hijau Army, tanpa negosiasi yang berkepanjangan, kita langsung iyain aja. Nah, untuk paket Lava Tour Merapi ini seluruh Travel nya sudah berkonsolidasi sehingga harga yang ditawarkan sama (bagus sih, biar rata, ga ada yang mematikan pasaran, atau yang bikin pengunjung kecewa karena kemahalan). 



Paket yang ditawarkan ada beberapa macam nih :

1. Paket Rute Pendek Merapi Lava Tour
Berikut Rute yang di kunjungi untuk paket pendek marapi lava tour yaitu Start dari Basecamp kita di kaliurang - Desa Tangkisan - Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi - Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem-Bermain Air di Kali kuning. 
Lama : 2 Jam
Harga : Rp 400,000

2. Paket Rute Menengah Merapi Lava Tour
Berikut Rute yang di kunjungi untuk paket Menengah atau medium marapi lava tour yaitu Start dari Basecamp kita di kaliurang - Desa Tangkisan - Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi - Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan -Bermain Air di Kali kuning.
Lama : 3 Jam
Harga : Rp 500,000

3. Paket Rute Panjang Merapi Lava Tour
Berikut Rute yang di kunjungi untuk paket Menengah atau medium marapi lava tour yaitu Start dari Basecamp kita di kaliurang - Desa Tangkisan - Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi - Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan - Menyeberangi Sungai Gendol- Singgah Di makam Mbah Maridjan, Bermain Air di Kali kuning.
Lama : 4 Jam
Harga : Rp 550,000


3. PaketSunrise Merapi Lava Tour
Berikut Rute yang di kunjungi untuk paket Menengah atau medium marapi lava tour yaitu Start dari Basecamp kita di kaliurang - Desa Tangkisan - Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi - Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem-Bermain Air di Kali kuning.
Lama : 3 Jam
Harga : Rp 450,000

Gunung Merapi

Nah itu dia paket yang ditawarin untuk Wisata Lava Tour Merapi dengan menggunakan Jeep terbuka, eh ada juga ding Jeep yang tertutup, tergantung hoky nya dapet yang mana. Kita pilih Paket ke 2, yang medium aja lah, tapi uda puas kok. Jadi tau gimana hancurnya rumah-rumah disana pas ada tragedi tersebut, foto-foto dengan objek Merapi, rasanya masuk ke Bunker Kali Adem dan tau rumah serta tempat terakhir Mbah Maridjan sujud saat bersih keras untuk tidak mau di evakuasi.

Bunker Kaliadem

4 Bersaudara