Acara Kantor di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu 🌊

Rabu, 18 Oktober 2017 - Diposting oleh Annisaa Putri Citrawati di 17.25

Kepulauan Seribu adalah tempat escape terjangkau untuk kawula muda Area Jabodetabek. Kali ini aku pergi kesana bukan dalam rangka bersenang-senang seperti biasa, tapi untuk acara Customer Gathering acara Kantor. Inget ga sih tahun lalu aku uda cerita mengenai Rafting Cisadane?? Nah kali ini acara kami ke Kepulauan Seribu, kenapa akhirnya kami (aku) pilih Pulau ini? hihihi karena sesungguhnya dan sebenernya, orang dibalik tujuan ini adalah, AKU :D Alhamdulillah aku masih dipercaya untuk jadi Event Planner , kebagusan banget yak istilahnya hehehe

Buat yang lagi cari tempat acara kantor kek kami, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti yang aku lakukan kemarin.
Yang pertama, masalah lokasi, tentunya ini akan berakibat ke jarak tempuh. Jadi warga kantor ga mau tempat yang terlalu jauh karena akan makan waktu di kapalnya, takut pada mabok laut.
Kedua, tempat penginapan, kalo kita pergi dengan gengges sih ga masalah yah, uda pasti kita pilih homestay yang tempat tidurnya bisa buat uwel-uwelan untuk menekan biaya, dan pastinya lebih asyihk dan rame. Tapi lain halnya kalo untuk acara kantor, apalagi untuk Customer kami, haruslah minimal Wisma yang mengarah seperti Resort.
Ketiga, mau ngapain aja nih aktivitas kita di Pulau nanti? Ga usa ditanya lagi pasti main air laut dengan cara snorkling dan water sport (banana boat) ya, eitsss emang yang ikut acaranya semua seumuran sama kamu? masih muda semua? Bahkan bos aku aja ga mau ikutan main begitu. Jadi kita harus pilihin alternatif apa untuk mengakomodir hal tersebut.
dan yang terakhir (ngga aku bold karena ini urusan pribadi), tempat yang belom pernah aku datengiiiiiiin, hahahhaa curang yah :p
Dengan mempertimbangkan seluruh kriteria diatas, maka aku (dan akhirnya bersama para panitia) memutuskan untuk menyelenggarakan acara "Building Customer Relationship di Pulau Pramuka" *yippieeee*

Pulau Pramuka ini lokasinya masih terjangkau dari Pnatai Dermaga Marina Ancol, hanya 75 menit kita berada di Speed Boat. Ada 10 Resort yang bisa digunakan oleh Customer kami (pihak eksernal), sedangkan untuk kami para panitia (pihak internal) menggunakan Wisma dan Semi Wisma. Nah, beda Pulau Pramuka dari Pulau di Kepulauan Seribu yang lainnya adalah dia punya tempat edukasi Hutan Bakau. Selain itu deket banget untuk maen ke Penangkaran Hiu. Ternyata aku baru tau juga, bahwa Pulau Pramuka ini adalah Ibu Kota dari Kabupaten Jakarta. Baru tau ya ada Kabupaten Jakarta? Iya, Kepulauan Seribu ini merupakan Kabupaten Jakarta.

Speed Boat di Dermaga Pulau Pramuka


Jam 8 kita uda sampai di Dermaga 7 Marina Ancol, pada awal rencana sih jumlah pesertanya ada 110 orang, eh tapi yang berangkat hanya 85 orang aja, disitu saya uda merasa gagal *hikz* Speed boat ini kita sewa sendiri, ada 2 tempat, bisa diatas yang akan langsung ngeliat laut tentunya non ac, dan dibagian bawah full ac adeeeem banget. Kapasitasnya untuk 120 orang ya. Sudah lengkap dengan pelampung. Pulau pergi pelampung itu aku pake, bukan karena takut kelelep atau apa ya, tapi lebih ke fungsinya sebagai penahan angin buat tubuh aja, takut masuk angin hehe

Lapangan pasir putih dan Panggung Hiburan
Mungkin salah satu faktor yang jadi alasan Pulau Pramuka ini jadi Ibukota adalah luasnya yang lumayan lebih besar dibandingkan dengan Pulau lainnya, apalagi Pulau ini punya Lapangan yang cukup luas sebagai tempat wisatawannya yang beberntuk group seperti kami ini. Ada lapangan yang cukup luas dengan pasir pantai tepat di pinggir dermaga dan Wisma yang akan ditempati oleh kami, dan ada juga lapangan bola sesungguhnya untuk bermain bola dibelakang, ga terlalu jauh sih jaraknya. Nah untuk lebih efektif dan efisiennya, acara kami adakan di lapangan berpasir putih seperti yang ada difoto, disiapkan juga panggung untuk acara hiburan malamnya, lengkap dengan backdrop. Sampe di Pulau ini, uda disediain welcome drink berupa air kelapa, hmmmm seger banget. Kemudian perkenalan dengan membentuk lingkaran, kemudian games-games kecil untuk mengakrabkan peserta. FYI, kami pake Event Organizer ya disni, cukup baik dan komunikatif, silahkan tinggalkan komen untuk yang kepo CP nya :D Setelah cukup lelah dengan games seru, dilanjut makan siang dan kemudian ishoma di Wisma masing-masing untuk selanjutnya persiapan snorkling jam1 siang, jam 1 siang? *buru2 cari sunblock di tas*

Pulau Air
Spot pertama yang kita kunjungi adalah Pulau Air, Pulau Air ini semacam Pasir Timbul gitu deh, dimana kalo lagi surut pasirnya keliatan, dan kalo lagi pasang ya kelelep sama air laut. Karena tempatnya yg cetek maka ini dipilih untuk kunjungan pertama karena cocok buat latihan yg pada mau snorkling. Karena aku uda sering snorkling, jadi saya ga dengerin instruksinya dan malah sibuk foto-foto sama temen segeng hahaha. Ga nyangka air nya beniiiing banget loh, padahal uda under estimate duluan kalo pergi ke Kepulauan Seribu, ya secara ada di pinggir Kota Jakarta,apalagi aku uda pernahke Pulau Pahawang dan Pulau Belitung yang air lautnya terkenal cantik banget. 

Pulau Air
Spot untuk snorkling kita ada di Pulau Semak Daun, dan bener aja, ga kalah sama Pulau Pahawang dan belitung deh air disini, jerniiiiiih, walopun memang biota lautnya tinggal sedikit. Kita foto underwater disni, dibantu oleh mas guide nya, sayang dia ga bawa roti untuk kasih makan ikan.
Mau foto underwater, dicelupin ke Laut 



Selesai snorkling, kita berkunjung ke Pulau Semak Daun, disana hanya Pulau kecil yang tak berpenghuni, foto-foto bentar, yang kebelet pipis ada juga toilet disini, kemudian balik ke kapal dan kembali lagi ke Pulau Pramuka. Disana uda disiapin gorengan *yummy* apalagi perut keroncongan habis maen air, rasa pisang goreng, cireng, arem-arem, dan tempe goreng itu ngalah-ngalahin rasa makan pizza deeeeh karena kelaperan. Lanjut lagi kita water sport, kebetulan hanya ada Banana Boat aja disana. Kemudian kita bilas mandi, dan lanjut makan malam setelah sholat maghrib serta acaran hiburan internal (pembagian doorprize) sampe malem. Nah, pengalaman pertama aku disini itu adalah nerbangin lampion. Jadi setelah acara hiburan selesai, kira-kira pukul 22.00 kita nerbangin lampion. Kertas lampion itu ringkih banget, jadi mesti hati-hati megangnya, karena kalo sobek bisa-bisa ga diterbangin. 1 Lampion diterbangin oleh 4 orang, pertama kita masukin udara ke lampion, kemudian pasang parafin (lilin) di kawat bagian bawah, setelah itu baru nyalain api, jangan buru0buru diterbangin ya guys, pastikan panas api itu uda memenuhi udara dalam lampion, karena tetangga sebelah banyak yang lamopinnya nyungsep gara-gara kurang lama manasin lampionnya. Baru setelah udara dirasa mencukupi seluruh bagian lampion, sebenernya berasa loh, lampionnya rasa kek mau lepas sendiri gitu, kalo uda seperti itu baru deh kita lepasin, tentunya bersama doa-doa kita ya :)

Tanam Mangrove

Pagi hari di hari Kamis pukul 07.00 kita uda senam ceria, kemudian foto bersama menggunakan kaos seragam merah-biru (yang ini design aku juga hihihi) dan dilanjut makan pagi. FYI, menu makan disini enak-enak loh, lengkap juga, jadi jangan takut ya liburan ke Pulau Pramuka :D Perut kenyang hatipun riang, kemudian kita jalan kaki sekitar 5 km ke tempat penanaman mangrove. Ga cuma asal nanem aja ya, kita juga diberi penjelasan mengenai dunia per-mangrove-an, jadi nambah ilmu deh. Setelah itu kita ke lapangan bola yang gede banget dan sibuk mengabadikan momen dengan drone, membuat huruf PGN, lucu yaaaa.

hanya dengan waktu 5 menit kita berhasil membentuk hurug PGN (Let's Go PROCISE)
Setelah berpanas-panasan ria yang ga dirasa karena heboh dadah-dadah ke arah drone *dasar katrok :p* kita lanjut ke Penangkaran Hiu, 85 orang dalam 1 kapal, seru banget, ternayat muat, dari luar keliahatn kecil nih kapalnya. Kemudian hanya makan waktu 5 menit kami tiba di Penangkaran Hiu. Disana terdapat juga resto dan toko oleh-oleh, yaitu Bandeng. Kata Bapak/Ibu Kantor yang beli sih Bandengnya enak loooh.

Penangkaran Hiu

Rumah Makna dan Tempat oleh-oleh di penangkaran Hiu

Dari penangkaran hiu, kita balik ke homestay masing-masing, beres-beres sholat dzuhur, makan siang dan kemudian capcus balik ke Dermaga Marina Ancol dan lanjut lagi naek Bus ke Bogor. Aku sih recomended banget ya buat jalan-jalan ke Pulau Pramuka, karena fasilitasnya lengkap banget, air bersih dan ada Penangkaran Hiu serta Mangrove nya :))