Persiapan Lamaran (Sederhana) di Magelang 💚 - #ceritaHESA vol.01

Senin, 08 Januari 2018 - Diposting oleh Unknown di 23.45
Kalau saya biasanya menulis mengenai jalan-jalan atau kuliner, kali ini saya akan mencoba hal baru, yaitu mengenai Persiapan Lamaran. Kenapa menulis ini? Ya, karena saya sedang mengalaminya, haha se-simple itu alasannya. Pengen berbagi aja sih, karena jujur sebelum jaringan internet di kantor di block untuk buka-buka blog dan sejenisnya, dari beberapa bulan yang lalu saya merasa terbantu dengan adanya Cerita Persiapan Lamaran yang diunggah oleh para pendahulu (yang mungkin sekarang uda pada nikah) *padahal waktu itu kami (saya) belum ada rencana lamaran :p . Tapi sedih banget ketika memutuskan hari H Lamaran, jaringan internet malah di block huhuhuhu. Nah persiapanku ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 28 hari saja, karena diputuskannya pun juga 28 hari sebelumnya.

Jadi ceritanya sore itu di hari Minggu tgl 26 November, Bapak menelfon saya mengenai kapan tanggal yang tepat untuk mengadakan acara lamaran, setelah sebelumnya Aa mengutarakan maksudanya untuk melamar. Bapak bilang ke saya, meminta acara tersebut diadakan di tgl 24/25 Desember 2017. Pertimbangannya adalah tanggal tersebut sudah H+8 perkiraan lahiran Adek Aa (jadi yang menjadi pertimbangan di Keluarga Aa kapan akan ke Magelang lagi adalah menunggu Adek Aa ini lahiran, dan ternyata Alhamdulillah proses lahiran itu malah maju di tanggal 4 Desember 2017), kemudian tanggal tersebut pas di hari libur sekolah (sodara-sodara ku bisa datang). Aku sih oke-oke aja tanggal segitu, karena memang sudah berencana, dengan ada atau tidak adanya lamaran, saya akan pulang di tgl 21-26 Desember 2017. Tapi aku kasihan dan ga enak sama Keluarga Aa, karena di tanggal itu jalan pasti macet banget, aku sampaikanlah komentarku ini ke Bapak, Bapak kemudian malah tertawa kecil dan menjawab dengan enteng 'ya kalo namanya jalan itu susah di prediksi, macet bisa kapan saja, tergantung niatnya' hahaha ---mak deg banget digituin--- Singkatnya, setelah itu aku bilang ke Aa tentang permintaan dari Bapak, dan dia Alhamdulillah setuju-setuju aja, walaupun sempet komentar hal yang sama kaya aku, tentang macet, dan kemudian langsung diem waktu aku samapaikan juga jawaban dari Bapak *hahaha butuh pengorbanan Cyin, macet-macetan gapapa ya A :). Dari situ, persiapan segera dimulai. Apa aja yg perlu dipersiapin untuk menggelar acara lamaran (yang sederhana), cekidot!

1. Tiket Pulang Pergi
Ini khusus para anak rantau ya, ga lucu kalo semuanya uda di booking tapi tiket nya lupa kebeli hahaha, jangan lupa harus lebih aware mengenai tiket ini kalo kalian pulang di high seasons (seperti saya :D) tantangannya lebih banyak, mesti mantengin tiket jauh-jauh bulan (ga hari lagi) agar dapet yang pas di kantong, di Minggu ke 3 bulan November aku uda survey tiap hari dan tiap waktu (pagi, siang, sore, malam) ternyata tiket untuk tgl 20 Desember (ambil cuti 2 hari, sapa yang nanya? :p) dan balik tgl 26 Desember itu murah saat hari kerja sore hari, oke aku putuskan untuk membeli di Minggu ke 4 Bulan November, eh sial banget ternyata mulai hari Senin di Minggu ke 4 itu uda naik dong, beda 200 rebuuuuuuuuu, akhirnya aku tunggu di hari Selasa, Rabu, Kamis dan nominalnya ga ada perubahan, tetap selisih dengan harga tiket di Minggu ke 3. Baiklah, akhirnya saya tetep beli tiket itu, takut-takut kalo beli di Minggu ke 5 bakal lebih melonjak. Yeay, tiket pesawat sudah ditangan! Btw, ini beli sebelum tau bakal ada acara lamaran ya.

2. Jumlah Tamu Keluarga / Saudara
Ini penting untuk mempersiapkan jumlah makanan di acara nanti. Selain itu, bagi yang keluarga laki-lakinya tidak berdomisili sama dengan keluarga perempuan, maka jumlah tamu ini berguna untuk pemesanan penginapan. Keluarga aku akan datang sekitar 40 orang, sementara Keluarga Aa sekitar 10 orang. Maka untuk jumlah nya kami ambil 60 orang. Kemudian penginapan untuk Keluarga Aa kami carikan yang dekat rumah, jadi bukan hotel, tapi sejenis home stay yang ada ruang keluarga, dapur, 3 kamar tidur dan garasi, ambil penginapan jenis ini agar lebih flexible aja sih mengingat akan ditinggali 2 malam dengan jumlah 14 orang dewasa dan 3 anak kecil, kalo di Hotel kan budget terlalu bengkak. Nah home stay ini hanya berjarak 2,5 km dari rumah aku dan dipesan H-7 hari sebelum Acara. Untuk beberapa orang, mungkin jumlah tamu ini juga bisa menentukan dimana venue yang akan digunakan. Makin kesini lamaran itu uda ga se-kaku jaman dulu yang harus di rumah pihak perempuan, sekarang bisa di tempat makan, cafe, atau rumah saudara lain. Kalo di keluarga aku, ga ada pembicaraan untuk menyelenggarakan acara lamaran ini di luar rumah.

Setelah acara dan santap siang

3. MUA 
Sepertinya di acara nanti hanya aku yang akan menggunakan make up :) Untuk Ibu, Adek, Tante dan sodara-sodara lainnya cukup poles pake tangan masing-masing aja lah ya. Nah sebenernya rencana awal itu untuk acara lamaran aku mau di make up in oleh temen deketku aja (sejenis gengges di SMP) tapi ternyata dia yang lagi merintis usahanya di Cibubur (ngikut suami) uda mulai full job huhu alhasil ilang deh impian make up gretongan di hari lamaran :( untuk ig temenku ini @awrmakeup kalian bisa liat portofolionya disana, bagus kok, karena memang basic waktu kuliah pun ambil tata rias. Yasud, mari kita cari MUA yg harganya dibawah 500ribu, karena hanya untuk acara sederhana saja, dan saya ga ada request spesial mengenai riasannya, yang penting cukup membuat saya lebih cantik hehe, ga pake survey babibu, setelah nemuin ig @chintya_make_up yang berdomisili di Magelang, saya langsung line, tanya harga (ternyata lebih miring dari kriteria saya yang dibawah 500ribu) dan deal, kemudian dp setengahnya. Ohya, pencarian saya memang terbatas hanya di ig karena kan posisi saya di Bogor, lagian emang enak banget sih selancaran di ig ini, sambil tiduran bisa, sambil makan bisa, sambil ngantor bisa (bahkan sampil p*p di kamar mandi pun juga bisa :p).

4. Dekorasi
Jangan bayangkan deskorasi yang mewah ala anak jaman sekarang ya, saya sih hanya fokus untuk backdrop foto saja. Awalnya mau pake dekor dari Temanggung yang uda ternama banget buat dekorasi wedding. Tapi aku pikir ah terlalu wah banget, lagian belum tentu dia mau nerima orderan yang hanya sewa backdrop aja, mau nanya juga malu hahaha. Akhirnya nemu ig amafeels_decor yang domisilinya di Magelang dengan konsepnya rustic dan sederhana, cocok sesuai kriteriaku sepertinya, terlebih dia masih baru, jadi ga akan over priced. Contact via WA, nanya mau pake bunga asli atau palsu, aku pilih yang palsu aja karena sayang kalo asli pun setelah itu dibuang, kemudian Mba Fara sang owner minta difotoin tempat lokasi acara kita nanti buat bayangan dekornya, dan malahan dia mau survey segala ke rumah, tapi aku tolak karena aku kan ga ada di Magelang, kalo Bapak dan Ibu yang diajak diskusi nanti malah ga sesuai keinginan haha, kemudian deal dan dp.
Ini salah satu properti dekor yang aku sukaaaa banget, A&H ;)

5. Fotografer
Nah lain halnya dengan MUA dan Dekorasi yang sekali contact langsung deal, perkara Fotografer ini aku sampe nanya lebih dari 5 contact. Sebenernya sekalian buat nanti persiapan nikah, jadi nanya pricelist lamaran dan pricelist wedding. Ternyata yang rata-rata harga paket wedding nya masuk kantong, tapi untuk lamaran engga. Contoh nya paket wedding 5 juta, lamaran 800ribu. Ada yang paket wedding 7 juta, lamaran 750 ribu. Nah tadinya mau aku ambil yang 750 ribu ini, sekalian buat penilaian nanti di acara nikahan mereka perform nya gimana, komunikatif ga, mengarahkan ga, angle shoot nya bagus ga. Eh tanya sana sini, akhirnya malah kesambet sama yang harganya miring banget *under 500k hahaha maklum ya, perempuan irit, karena biaya diluar makanan kan aku yang keluarin, ga enak minta sama orang tua karena ini keinginan aku (MUA, Dekor, Fotografi, Sarimbit dan Ring Box).

😱 sejujurnya aku ga puas banget sama ini fotografer, selain harganya di palak, dateng ga on time, dan hasil shootnya ga seperti yang aku harapkan, ah sutralah! 

6. Makanan
Semua temen-temen aku yang uda pernah 'numpang' makan di rumah pasti bilang masakan Ibu enak, yak banget banget banget enaknya, bukan karena muji Ibu sendiri ya, tapi emang enak kok. Jadi di telfon pun Bapak langsung bilang kalo yang masak nanti Ibu, dibantu Tante-Tante. Aku sih oke aja, asal jangan sampe nanti Ibu lupa ganti baju. Kebiasaan sih begitu, kalo acara syawalan nih terus kebagian rumah Nenek yang punya hajat, pasti Ibu yang masak dan ujung-ujungnya malah sibuk di dapur pake daster, hadeuh. Untuk menu makanan di acara ini adalah Sate Ayam (pesen di tukang sate langganan), ayam rica-rica dan sayur pepaya made by Ibu, sop sosis dan telur made by Tante. Kemudian untuk dessert nya ada Rujak, dan minumannya es kelapa muda, seger banget deh.

7. Seragam Keluarga
Seragam keluarga boleh banget dicanangkan buat yg pengen saat difoto keliatan kompak hahaha. Budget menyesuaikan ya pastinya. Pada acaraku sendiri sih kemarin pake baju koleksi pribadi masing-masing ahaha, irit ah, duitnya buat beli seragam keluarga waktu nikah aja :p Bahkan kebayaku juga kebaya bekas dipake tahun 2014 waktu aku wisuda D3. Buka-bukaan aja nih ya, sebenernya ga baek dicontoh, apalagi kaya aku yang kepedean banget kebayanya masih muat, muat sih, masuk sih, tapi seseknya minta ampun, maklum selisih BB waktu itu 8 kg! Engap deh sampe waktu acara nahan diri buat ga makan ahaha

8. Sarimbit
Sarimbit ini biasanya kain baik buat kemeja laki dan buat jarik/rok perempuan. Waktu itu aku beli online @kenyobatik di Bulan Juli, dan itu hanya asal beli aja, memang niat digunakan untuk lamaran sih, tapi belum tau waktunya kapan, karena saat itu memang belum ada rencana. Dan kenapa aku beli di Bulan Juli? Simple aja jawabannya, buat ngabisin duit THR. Nah kain batik dari Solo ini aku jahitkan di Bogor, tepatnya di depan stasiun Bogor persis. Jahitannya rapih, kemudian selalu pas selera dan harga masih terjangkau. Kemarin aku jahitin kemeja laki dan rok (karena saya males ribet pake jarik) dengan furing di dalamnya masing-masing seharga IDR 95k.
Sepertinya hanya foto ini yang keliatan head to toe kita berdua (yang di tengah ga dianggap ya haha), itu adeknya Aa

9. Cincin Peningset
Ada yang bilang lamaran itu seperti engagement versi jawa, hmm ga selalu juga ya ternyata, semua tergantung kesepakatan kedua keluarga saja. Kemarin yang diberi cincin hanya aku saja, jadi kami tidak bertukar cincin. Buat kalian yang jangkauan wilayahnya di Jabodetabek, ga perlu lagi bingung beli cincin dimana, CIKINI dooong! Serius disana banyak banget tokonya, banyak banget pilihannya dan harganya standart. Nama tempatnya itu CGC - Cikini Gold Center, persis ada di depan stasiun Cikini, tinggal lompat pagar kalo mau langsung lurus, sayang karena saya manusia baik-baik jadi harus muter dulu jalan ke ujung, baru nyebrang dan balik lagi ke arah pintu Cikini hahha. Biasanya untuk orang yang keduanya menggunakan cincin, cincin tersebut juga digunakan sebagai cincin pernikahan. Jadi ketika lamaran digunakan disebelah kiri, kemudian setelah menikah dipindah ke jari sebelah kanan. Para penjual yang kebnayakan Kokoh & Cici udah hafal betul tentang yang namanya cincin nikah. Apalagi kalo liat kalian menggunakan jilbab, pasti langsung ditawarin untuk cewek cincin emas dan untuk cowok cincin palladium. Tapi berhubung aku kemarin belum beli sepasang, jadi hanya lihat-lihat cincin nikahnya saja, dari situ aku sudah memilih sebuah toko untuk nanti akan kugunakan memesan cincin nikah. Nah cincin yang aku pilih untuk lamaran ini hanya cincin wanita biasa, dengan emas putih dan mata sircon (kasian si Aa kalo minta beli berlian, besok aja deh buat cincin nikah berliannya hahaha #kasihanyangtertunda).

10. Ring Box
Inspirasi pesen ring box ini aku dapet dari blog walking, langsung aku cari instagramnya di @yidha.yana dan langsung cus pesen disana, sekitar 2 minggu kotak nya sudah jadi, dan bener-bener sesuai yang diharapkan, cantiiik banget kotak cincin yang terbuat dari kayu dengan dihias bunga pink fuschia dan putih bertema rustic.
Gemes sama ring box nya 💚
Nah yang ga kalah penting ini mengenai susunan acara lamarannya. Kemarin aku nyesel banget karena ada hal krusial yang kelewat yaitu perkenalan keluarga huhu, mungkin kita uda kelaperan kalik ya jadi semua lupa dan ingetnya langsung makan aja hahaha. Perlu didiskusikan juga mengenai kamu sebagai yang dilamar akan langsung keluar atau sok sok dipanggil di tengah acara. Kalo aku kemarin sih ketika pihak Aa sudah datang dan semua keluarga ku maupun keluarga Aa sudah duduk siap semua, saya baru keluar, tapi tetep diawal sebelum acara dimulai. Trus bingung juga kan kalo jaman sekarang kan si anak yang mau dilamar sok ditanyain gitu 'mau ga?' padahal uda jelas yah kalo uda ada acara seperti ini mah pasti sudah terrencana, kecuali jaman dulu dimana yang namanya lamaran itu bener-bener mengejutkan, diem-diem. Bahkan anak yang dilamar pun bisa jadi ga tau menau akan ada yang melamar. Eh kemarin mah aku ga ditanya sama sekali, ngomong sepatah kata pun juga engga, cuma duduk aja mesem-mesem hahah. Nah jadi begini kira-kira susunan acara lamaran versi #ceritaHESA :

  1. Pihak Keluarga Laki-laki datang dengan membawa buah tangan makanan
  2. Keluarga Perempuan menyambut (berdiri dan salaman) serta menerima buah tangan
  3. Keluarga Laki-laki dan Keluarga Perempuan duduk ditempat yang telah disediakan
  4. Saya keluar bersama Ibu dan duduk ditempat yang telah disediakan
  5. MC membuka acara, mengucapkan selamat datang dan mempersilahkan makan snack yang telah disediakan
  6. Snacking time
  7. Penyampaian maksud dan tujuan dari Keluarga Laki-laki
  8. Penerimaan dari Keluarga Perempuan
  9. Pemasangan peningset cincin sebagai simbol ikatan dari Ibu calon mempelai Laki-laki ke calon mempelai perempuan
  10. Serah uang sebagai tanda keseriusan untuk melanjutkan hubungan dari calon mempelai Laki-laki ke Bapak calon mempelai perempuan
  11. Foto kedua keluarga inti
  12. Penutup dan ramah tamah
  13. Penyampaian buah tangan dari Keluarga Perempuan ke Keluarga Laki-laki

Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit pada acara inti dari no1-11, untuk ramah tamah yah flexibel lah ya disambi foto-foto juga. Nah untuk rencana pernikahan sendiri Bapak menyampaikan ke Keluarga Aa secara informal ketika selesai makan dan sedang duduk-duduk sambil ngemil buah, hehehe. Bismillah, semoga dilancarkan dan dimudahkan segala urusannya, Amin :)